14.7.08

Peace on earth!

Ya, sekarang aku lagi baca novel Damai Di Bumi!
karyanya Karl May, bagus banget -meski baru baca separuh- yang gak aku sangka tuh ternyata si karl may ini mantan kriminal kecil2an, hehehe, abis isi novelnya tuh keren abis, itung2 ikut keliling asia waktu indonesia masih dikuasai belanda ya, asyik.

Dan pandangan pengarang ini ditulis dengan kata2 yang njelimet dikit tapi artinya dalem, hehe, ada yang berperan sebagai misionaris yg fanatik banget sama agama, ada orang cina yang open minded tentang kultur n agama orang laen, ada orang inggris yang merasa bangsanya diatas bangsa2 laen, n tokoh2 berkarakter kuat laennya.

Jadi dengan baca tulisan ini aku jadi rada "o iya ya" sama pendapat2nya.
Gimana emang kadang yang namanya agama itu menjadi suatu kesesatan tanpa pegangan yang bener, kadang rasa nasionalis yang berlebihan juga ternyata gak baek juga.
Tapi semua kesalahan bukan dibuat oleh individu itu sendiri, melainkan oleh pendahulu2 yang ngajarin mulai kita masih anak2 sampe segede ini, alias doktrin2 yang udah diterapin di lingkup hidup kita.

Buat aku sendiri, agama2 itu menarik abis. Aku suka yang namanya budaya, n menurut aku agama tuh gak bisa dipisahin dari budaya yang ada.

Ada orang2 atheis yang g percaya Tuhan tuh ada. Ada orang yang Tuhannya punya sifat kayak manusia. Ada Tuhan yang bermacam2 bentuk dan jumlahnya, dll. Jadi inget pelajaran smp sma dulu, dimana orang2 primitif mengagungkan suatu benda karena dianggap memiliki kuasa. Pohon disembah, batu dikasih sesajen, de el el. Repot juga yah.. Bukan karena mereka bodoh, cuman ga tau aja. Kayak kata di alkitab, kayu kamu ukir trus kamu sembah sendiri. Kurang bodoh apa jadi orang, ya gak.

Tapi ada juga yg ngotot, kan isinya itu yang disembah, hii, apa gak ngeri, mana ada Tuhan yang maha gede maha segalanya mau2ne tinggal di suatu bentuk buatan manusia lagi, gak bisa kemana2, disuruh tinggal disana terus, tiap tanggal berapa dimandiin, tanggal berapa dikasih makan, Tuhan apaan..

Malah ada agama yang melarang umatnya berdoa diluar doa yang udah ditulis ato ditetapin, ah, Tuhan macam apa yang cuman mengerti satu bahasa..
Semua agama mungkin tujuannya baik, membuat manusia tetap dalam jalur bersama. Cuman orangnya aja yang suka bikin susah, hahaha..

Ada orang pernah bilang, aku g percaya tuhan tuh ada.
Aku jadi inget ada anonim yang bilang gini.
Mending kamu percaya Tuhan tuh ada meski ternyata nantinya gak ada, daripada kamu yakin Tuhan tuh gak ada lalu ternyata nanti ada.
Sip dah! Betul apa betul? ^_^

Aku sendiri benci yang namanya orang munafik. Kalo dah kepojok alasannya yang dikeluarin agama, malah kadang belom apa2 agamanya dikeluarin dulu. Toh egoisnya yang benernya mimpin di depan.

Susah jadi manusia, apalagi semakin tinggi pohonnya semakin kencang anginnya. Bagitulah, waktu kita kecil kita dituntut sedikit, waktu kita besar kita pun dituntut semakin banyak. Tinggal kita sendiri aja gimana.
Nanti pada waktunya, semua orang akan menghadapi sendiri akhir hidupnya, saat itulah tiap manusia dituntut mempertanggungjawabkan semua hal yang pernah dia lakukan, katakan, atau pikirkan.

Makanya, banyak orang baek mati muda, hehehe, kadang orang bingung, kok bisa yah. Ternyata di alkitab pun sudah ada jawabnya, Tuhan mengasihi manusia, karena itu orang jahat diberi umur lebih buat kasih dia kesempatan bertobat. Tinggal dilihat hasilnya aja, tambah jahat ato tobat.

Andai semua orang bisa hidup damai berdampingan satu sama laen, what a peace on earth!
June 13, 2008

2 komentar:

Hendry Kurniawan mengatakan...

tulisannya keren mbak.... saya paling suka bagian "Mending kamu percaya Tuhan tuh ada meski ternyata nantinya gak ada, daripada kamu yakin Tuhan tuh gak ada lalu ternyata nanti ada." hahaha... keren-keren....

eva! mengatakan...

tq2, seneng ada jg yg baca :p