14.7.08

Broni in memoriam..


Waktu SMA dulu aku pernah punya anjing namanya popo, tapi umurnya gak sampai setahun trus kena penyakit, distemper gitu, n mati. Abis itu aku dah berniat gak mau pelihara anjing lagi. Gak taunya adek mama, anjingnya punya anak, ditawarin ke aku, aku gak mau, tapi adekku, han2, mau. Jadi deh si broni dateng ke songgoriti.

Tiga malem pertama si broni tidur di belakang, ditaruh di kardus yang diisi kain. Tapi semaleman nangis2 terus, sampe2 terpaksa nemenin bergadang di belakang, gak tahan aku masukin ke dalem, sambil trus dijagain.

Gak lama udah agak besar, broni ikut bobo sama han2 di kamarnya. Aku inget, pernah sekali waktu itu kamar han2 lagi dipake tamu, jadi han2 pindah ke kamar mama papa, bawa kasurnya, n si broni ikut juga. Kata papa, malem itu si broni sempet terpekik, ternyata ketindihan badannya han2, hehe..

Tapi gak lama kok, abis itu dia tambah besar, gak lama datenglah si coker, mini pincer cowok, jadi anjingnya cece.
Pertama dateng si coker kan masih kecil, pernah mau nyusu ke broni, tapi si broni kan galak, langsung diterkam, hahaha..
Taon depannya si coker kawin ma broni, punya anak 5!
Si yupi (sekarang ikut pau2), si chiki (sekarang di songgoriti), trus mochi (di songgoriti juga), chiko (cowok satu2nya dari 5 bersaudara, ikut dennis), n satu lagi yg mati duluan waktu baru lahir.

Nah, abis punya bebi si broni di KB, yang nyuntik dokter fatimah, langsung deh gak lama setelah di KB broni jadi genduuuttttt banget. Sukanya makan, tapi gendut2 gitu tetep lincah. Pokoknya broni ini anjing paling egois yang pernah aku tau. Tapi semua sayang sama broni.

Abis punya anak itu si broni jadi lebih sering sama aku, soalnya waktu itu aku kuliah, lebih banyak di rumah daripada han2 yang masih sekolah.
Trus bagian mandiin broni juga aku. Juga kalo pergi ke borobudur, misal ke ceris ngembaliin buku, si broni sering aku ajak, jadi di mobil dia pangku, mukanya hadap ke ac, sambil melet2, hehe, berat sih, tapi nyenengin banget.

Kalo malem jadinya tidur sama aku, kalo pas gak tidur di kamarku, tiap bangun pagi, buka pintu pasti si broni dah nungguin di depan pintu sambil matanya berbinar-binar, ekornya yang tinggal seujung jempol juga goyang2 genit gitu, nggemesin banget wes.

Pokoknya di rumah si broni itu pasti bareng aku terus, maen PS, sukanya pangku, maen komp, ditungguin di bawah kursi. Kecuali mau mandi biasanya si broni lebih dulu ngerti, jadi bisa sembunyi di pojokan kolong ranjang.. Pinter..
Trus kalo pagi sanyo penuh, kadang kita gak denger, dia lari duluan ke belakang, gonggong2 sambil ngliatin orang, kalo kita berdiri, dia pasti lari duluan ke arah sanyo. Pokoknya di rumah itu broni jadi ratunya.
Anjing2 yang lain gak ada yang berani, hehe, belom kalo minta makan maksa banget, gonggong2in orang. kalo dah gitu dimarahin, eh malah gonggongnya tambah keras. Trus kalo dipelototin, dia bisa buang muka tapi matanya melirik ke kita, kalo diterusin,dia pasti marah duluan n gonggong2, hahahaha, pokoknya si broni ini bener2 anjing kesayangan deh.

Tapi abis merit, aku tinggal di sby, pulang ke malang paling sebulan sekali. Nah di sby itu, awal2 pindah sering banget kangen rumah, bukannya kangen mama papa ato sodara, tapi kangen ma broni, kadang aja kangen sama ciki. Pernah sampe malem2 gitu saking kangennya sampe nangis lho..

Sampe pas balik ke malang, bisa bareng lagi sama broni, kalo sore kadang aku ajak jalan2 di depan rumah, ato duduk2 di teras, n dia pasti minta pangku, paling jahat tapi juga paling penakut. Kalo pas jalan, trus di depan ada orang, dia pasti mogok, langsung berdiri di tempat n gak mau maju, harus dibujuk2 dulu, ato digendong. Trus kalo ada ujan deres n petir, pasti gemeter, cari2 orang, gak berani sendirian, begitu juga kalo pas lampu mati, bisa dempeeeetttt.... banget ama orang, n banyak laennya..

Tiap kali difoto pake hp, dia bisa salah tingkah, pasti menghindar, apalagi kalo mama yg moto, dideketin mukanya, ya dia takut ^^ Tapi di hpku banyak banget fotonya, mungkin dia gaksadar kali, soalnya bentuknya gak kotak2 banget kayak hp han2 ato mama. Jadinya kadang posenya bisa dijadiin wallpaper soalnya pas bisa center, duduknya pas ndongak ke atas, ato lagi tidur di bantal, ato di sandal, hehe, banyak gaya banyak pose, tapi semua manis2.

Sampe beberapa minggu lalu kata orang rumah si broni muntah, diobatin sendiri sama han2, trus mencret, diobatin sama ezi. Ada dua mingguan broni lemes, kadang makan, kadang enggak. Awal2 aku dah bilang sama han2 suruh periksain ke dokter, gak nurut. Sampe masuk minggu ketiga broni lemes2,baru dipanggilin dokter, dikasih obat, disuntik penurun panas. Besoknya keliatan baikan, tapi trus muntah lagi. Besoknya mama telp siang2, bilang kayaknya broni tambah parah. langsung aku ke songgoriti, liat broni dah kejang2, mulutnya gemetaran.
Kata han2 broni gak mau makan mulai kemarennya. Sama dokternya disuntik turun panas lagi. Yimi ma ko edwin dateng (yg dulu ngasih broni), broni diurut2 terus, sampe bisa muntah, trus keliatan agak baikan, n mulai tidur. Mau minum dikit2 disuapin, tapi tetep gak mau makan.
Besoknya kumat lagi, pagi aku ke sana lagi, udah ada dokternya, disuruh rontgen ke patimura, dibawa naek mobil, dah gak bisa ngapa2in, lemes, tapi badannya kaku, cuman matanya yg masih bisa liat2, kasian banget.. Badannya jadi kurus, bener2 beda dari broni gendut yg sebelumnya, pipinya dah cekung, pokoknya ngeliat aja bikin hati miris. Abis foto, di rumah aku jagain, sempet muntah darah, dah merah item gitu, kasian banget, padahal matanya masih idup tapi badannya udah gak kuat. Akhirnya aku pamitin, suruh bobo aja, n aku balik ke rumah.

Malem waktu makan, han2 sms, broni udah gak ada.. Sedih banget rasanya, ga nyangka bakal kayak gini akhirnya. Padahal aku dah bayangin, besok2 kalo anakku dah lahir biar bisa maen sama broni, de el el.

Mau marah sama orang2 rumah, percuma dah lewat, masa' obat buat orang dewasa dikasihin ke anjing kecil yang tingginya aja gak sampe selutut, belom dicekok'i tiap hari sehari tiga kali, dll, trus udah dari awal2 aku minta periksain ke dokter, gak ada yg mau dengerin, rasanya sedih marah jadi satu, tapi semua gak bakal bawa broni balik.

Sekarang kalo ngebayangin pulang ke songgoriti, gak ada lagi broni yang nyambut n manja2, gak ada lagi broni yg suka pangku ato kesenengen kaloaku ndeketin rak nyimpen rantenya, rasanya ngenes banget, apalagi kebayang-bayang waktu broni jadi kurus pas sakit parahnya T_T sampe2 aku minta roy pindahin semua foto di hp, dikosongin dulu.. sedihnya..

Gak ada lagi broni yang nggemesin, yg biasa ngekor di rumah, yang matanya berbinar2 n buntutnya goyang2, maksa minta naek ranjang, lari pas mau dimandiin, yg kalo ada pesawat lewat suka marah n gonggong2, yg suka nerkem ciki kalo disuruh han2, yang suka ngotot minta ikut naek mobil jeput cece, yang baunya lebus kayak keju di lututnya, yg dulu kecil pernah gigitin alkitabku sampe cuil, gigit2in jepit rambut, buku pinjeman, yg kejar2 tikus meski gak pernha dapet, yg kadang ikut nglolong sama ciki kalo ada es krim lewat, yg garuk2 toples minta makan, yg biasa aku gendong2, remes2 bulunya, dll, pokoknya rasanya ada yg ilang, ngebayangin sekarang tinggal foto2, rekaman suara, video, tapi gak bisa lagi megang ato meluk, gak bisa ketemu lagi, rasanya kehilangan banget, padahal aku masih pengen ngajak broni jaln2 kalo sore, pengen manjain, tapi dah habis kesempatannya.

Kalo dipikir2 lagi, mungkin mending kayak gini, broni sakit n banyak yg jaga, nungguin, semua perhatian, paling gak kita dah kasih yg terbaik buat dia, dimanja mulai kecil sampe gede, disayang terus. Daripada misal diambil orang, ato ketabrak mobil ato hal2 jelek laennya. Aku lebih suka ngebanyangin sekarang broni ada di bawah mejanya Tuhan (biarpun anjing gak punya roh), ngotot2 ma God minta daging, hehe, digendong ma God, diajak jalan2 juga.
Sedih banget rasanya...

July 15, 2007

Tidak ada komentar: