14.7.08

Susah jadi manusia ^_^

Aku kenal cewek yang dianggap hamil, merit, n punya bebi di usia yang dianggap terlalu muda.

Di satu sisi mereka menganggap hal itu salah. Di sisi lain dia yang menjalani pun gak mungkin lebih gak susah dari yg dipikir orang2 kebanyakan.

Aku gak suka memihak, jadi aku netral2 aja.
Mungkin kalo kita keluar dari suatu lingkaran dan ngeliat dari tepi, kita bisa ngeliat dengan jauh, jauh lebih jelas.
Kapan hari aku ketemu dia dengan suami n anaknya. Satu keluarga kecil, sama dengan aku, roi n marvel.

Ada yang bilang ginilah gitulah, buat aku, hehe, gak masalah. Mereka yang membuat keputusan dan akhirnya mereka juga yang menjalani sendiri. Kita bukan mereka, kita cuman bisa melihat, dan menduga.

Di gereja dulu aku pernah dengan suatu nasehat, misal ada orang hamil di luar nikah, gak ada aturan yang mengharuskan mereka menikah.
Aku sendiri setuju, misal masalah pertama muncul, hamil di luar nikah, jangan ditambah dengan masalah lagi, merit dengan orang yang brengsek. Kecuali orang itu emang bertanggung jawab, n mau plus mampu berubah.
Tapi lagi2, manusia bisa berubah. Hati raja aja Tuhan yang ngatur.
Ada satu kalimat iman, kita gak bisa merintah Tuhan, tapi kita bisa menggerakkan hati Tuhan dengan doa. Itu, Tuhan hanya sejauh doa. Hehehe, keren abis..

Back to the topic, di sana, waktu melihat mereka, si ayah gendong bayi ditemeni ama si ibu. Kita mungkin bisa menghakimi kelakuan mereka sebelumnya. Tapi gimana dengan 2 tahun, 7 tahun, 15 tahun lagi, siapa yang tau ke depan mereka akan jadi seperti apa.
Siapa tau mereka jauh lebih bahagia daripada kita, atau lebih menderita lagi daripada sekarang. Gak ada yang tau.
Tapi kalo katanya hidup manusia di dunia ini cuman "lewat" sebentar, apa masalahnya kita menghakimi kelakuan orang lain.
Kalo aku seh, selama aku gak ngelancangin urusanmu, kamu juga jangan ngelancangin urusanku, hahaha, senggol mbacok :p

Emang, di satu sisi aku liat dia ada buat salah, di sisi lain pihak itu juga ada bikin salah sama dia.
Hehe, aku dah ngerasain gimana jadi mama, ngerasain gimana rasanya orang berenti berharap atas idup anakku, gimana mereka bilang udah, relain aja.
Gak ada orang tua yang bisa rela kehilangan anaknya.
Pernah aku baca buku, di awal ada penekanan kalimat, penderitaan kehilangan orang tua tidak sebanding dengan penderitaan kehilangan anak. Dan cerita di buku itu bener2 ngebuktiin kalimat itu.

Waktu hamil setelah merit 2 bulan, aku keguguran waktu dah jalan 1 bulan. Sedihnya tuh beda dengan kehilangan2 yg pernah aku rasa sebelumnya. N di kasus yg ini aku denger ortunya minta dia nggugurin kandungannya dengan alasan dia terlalu muda, sekolah aja belom tamat, sayang masa depannya. Si anak menolak, n sewaktu ortu tadi nampar dia, si anak g terima n ngelapor ke polisi n tidak mengakui status ortunya. Wow!

Sama2 ada salahnya kan.. Tapi juga sama2 ada betulnya..

Manusia.. dengan segala kerumitan dan kesederhanaannya..

Mungkin dua hal yang perlu kita lakukan kalo kita nemuin masalah kayak gitu dengan orang yang kita kenal.

Pertama, ambil hikmahnya, pelajari kesalahannya dan jangan lakukan hal yang sama.

Kedua, doakan aja yang terbaik buat mereka semua.
Yang terbaik belum tentu yang mereka inginkan. Kadang benih baru tumbuh dan berbuah setelah tanah disiangi, dipupuk, disiram dan dijemur di terik matahari..

Iman, harapan, dan kasih. Semua akan berakhir tetapi kasih tinggal tetap.. Amen!
July 11, 2008 Permalink

1 komentar:

Anonim mengatakan...

di mana susahnya va? :)