14.7.08

Friend or family?

Friend in need, friend in deed.. (apaan sih?)

Temen kadang nyenengin kadang nyusahin. Herannya, yang namanya temen itu tetep aja dibelain sehidup semati, gila, padahal orang jaman sekarang mana ada sih yang mau berkorban harta dan nyawa buat seorang "temen", mungkin buat yg terobsesi bisa kali ya, tapi buat yg normal2 aja kan gak ada.

Kadang yg aku gak abis pikir, kenapa cowok, meski tau udah punya family sendiri, gak bisa2 ngebedain mana temen, mana family.. Sampe2 aku mikir nih, mungkin yang namanya "kumpul kebo", dalam batasan cuman tinggal seatap tanpa melakukan sesuatu hal yang belum waktunya, boleh jadi jalan keluar.
Kok bisa?
Ya bisa2 aja.. Soalnya sebelum dan sesudah orang merit, baru kebuka satu2 yang dulunya belum pernah dibuka, bukan karena sengaja ato tidak sengaja, tapi emang karena situasi n kondisi yg ada.

Misal sekarang, benernya ada dua sepeda di rumah, yang satu stnk dah mati lama n gak diurus, satunya lagi masih sehat walafiat sampe sekarang. Yang satu udah tua umurnya, yang satu lagi masih muda. Tapi ketika seorang "teman" butuh, maka sepeda yang tidak ada stnknya pun dipinjamkan. Gak apalah, kita2 ngerti, kan kasian, masa ada yang butuh n kita mampu nolong kita diemin aja, ya kan.

Tapi, masalahnya laen lagi kalo di waktu tertentu, pada saat yang amat sangat khusus, tapi gak jarang juga.., misal temen kita tadi butuh sepeda karena harus ke tempat yang jauh di kota sana, takut kena cegat bapak polisi, de el el, mau gak mau "harus" nukerin pinjeman tadi, dari sepeda tua ke sepeda agak baru. Hmmm..apa dinyana, sang temannya teman dah kasih ijin, kan kasian, apalagi malemnya si teman tadi perlu belanja ke mall dimana tiap kali parkir harus nunjukin stnk.. Ya udah, sepeda pun ditukarkan..

Malemnya juga, kita kok ya kebetulan perlu beli bahan masakan, n waktu berangkat, baru di pertigaan pertama si sepeda tua mati mesinnya, ternyata, usut punya usut, selidik punya selidik, bensin abiz biz.. Waw, marah salah, gak marah dongkol, ya gak, bayangkan.. rasakan.. pikirkan...

Trus isi bensin dulu, yah, mungkin aja si teman tadi lupalah kalo sepedanya dah abis bensinnya trus ditukerin, namanya juga manusia, hmm.., trus di toko terdekat dengan rumah, eh, bahan masakan tadi gak ada.. Dengan entengnya si temennya teman menawarkan, gimana kalo belanja di toko yg agak gedean, agak jauhan, yg setau saya, perlu sntk buat parkir!
Langsung ditolak khan yah, gimana caranya bisa parkir nanti..
Eh, dijawab juga bisa, kan ada fotokopian surat pembayaran pajak stnk yg kapan itu, hehehe, respon dong, aksi reaksi, kenapa gak si teman aja yg disuruh bawa sepeda ini n kalo ketemu tempat parkir ato polisi tinggal nunjukin the fotokopi, dijawab lagi, kan ya gak bisa..

Ya udahlah, sekali temen tetep temen, sampe mati juga tetep temen.
One for all, all for one..
Someday lah, mungkin someday..

Pesan dari cerita di atas: sebelum menikah, ketahuilah dahulu teman2 macam apa saja yang ada pada diri calon suami/istri anda. Karena kadang ada kelompok orang yang lebih mendengarkan teman daripada keluarga.
Ada yang teman number one, family number one, tapi yg temen tadi satu a, family satu b.. Daripada besok2 makan hati sendiri, serius nih.
Misal ada kesempatan tinggal seatap, dengan catatan kondisi iman kuat yah, lebih bagus lagi. Kalian bisa tau seperti apakah si dia, baik waktu berdua aja sama kalian, ato pun waktu berkumpul dengan teman2nya.

Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik.

Begitu juga Pergaulan yang baik, kalo cuman sendirian, alias minoritas, gak akan pernah bisa merubah kebiasaan buruk menjadi baik.

Just a note from me..

December 22, 2006

Tidak ada komentar: