8.8.08

Wanita

Tadi siana aku nonton ceriwis di trans, bintang tamunya irfan hakim n family sama sapa lagi gitu. Trus selama bolak-balik iklan yg muncul terus tuh iklan alat KB Andalan yah, yg ditonjolkan itu pemakaian IUD "bisa tahan sampai 10 tahun". N "pemasangannya hampir tidak terasa.."

BOONG BESAR..

hehehe..

Bulan lalu aku memberanikan diri pasang IUD tadi di dokter imam yg dulu ngoperasi caesar aku.
Sebelumnya seh udah sering banget cari2 info soal alat kb n emang poling membuktikan paling aman tuh iud, dg catatan kalo emang cocok..

Ada yg bilang, ah g sakit, lebih sakit waktu melahirkan (ya iyalah, bayangin bukaan sampe 10jari..)
Ada yg sharing, sodaranya abis pasang IUD tiap kali mens kram n darahnya bejibun (ngeri kan..)
dll

Ragu2 banget pokoknya.
Tp dg pertimbangan "gak lucu banget abis operasi usus segitu parahnya trus sampe hamil lagi dg jarak segini dekatnya" n di sejarah keluargaku ada bbrp yg kena tumor sampe kanker payudara n rahim, jd IUD adalah pencegah kehamilan teraman yg bisa digunakan.

Trus ada sodaraku yg emang juga baru punya bebi, waktu ketemu di dokter dulu dia bilang kalo dia pasang IUD itu, n akhirnya sms-an, nanya gimana gini gitu. Katanya sih rasanya sakit bentar kayak digigit semut. (bayangin di dalem sana digigit semut..)

Y wes, nekad, k dokter.

Sampe di ruang praktek bilang ke dokternya mo pasang spiral.

Ditanggapi, "Yakin?"

Langsung down, hehehe

Trus dijelas2in kalo nti efeknya bisa gini bisa gitu, banyak macemnya. (a.l: infeksi di dekat mulut rahim --> menyebabkan keluarnya lendir bewarna hijau kekuningan yang baunya amit2; waktu mens terjadi kejang yang lebih sakit dari biasanya; darah yang keluar bisa banyak, bahkan jauh lebih banyak; suka timbul flek-flek ato darah dikit2, dll)

Trus aku nanya2 macem2, sejelas2nya positif n negatifnya (hal yg harus dilakukan sebelum kita mutusin nyerahin hak ke dokter atas kesehatan kita).

Gimana kemungkinan gagal dengan KB IUD ini dok.

Sedikit sekali, cuman 2% ato 3% (kalo g salah inget :p)

Tapi mama saya hamil saya waktu pake spiral dok..

HAH?


Hehe, iya lho, sebenernya aku nih anak "di luar rencana". Hebat emang.
Trus akhirnya ditanya, gimana, jadi pasang ato enggak.
Memberanikan diri, jadi deh.

Pertama di USG dulu liat rahimnya gimana.
Disini mulai deh tangan dingin, kaki dingin, jantung deg-deg-an.
Trus berhub dulu waktu hamil pertama dr pudjo (dr kandungan d sby) bilang kalo rahimku tuh agak nekuk ke belakang (abis diUSG) aku baru inget n nanya k dr imam, gimana efeknya.
Katanya, nah itu bisa bikin sakit berlebih waktu dateng bulan (waw,tambah dingin kaki tanganku)

Ternyata waktu diliat, rahim dah normal, mungkin abis ditempati marvel 7 bulan itu, hehe.

Mulailah proses "digigit semut" itu.

GILA..

Apanya yg kayak digigit semut.

Pertama waktu alatnya (semacam pipa tipis kayak suntikan panjang) masuk ke rahim, NYERI, n waktu IUD dimasukin ke rahim (beberapa menit prosesnya) rasanya MULEEESSSSSS buanget nget nget nget! -sampe2 rasanya bisa kentut di muka dokter, sungguan-

Abis itu nyeri lagi (plus masih mules) waktu dokter gunting benang di mulut rahim.
-aku g berani liat ke bawah, liat atas aja sambil nahan nyeri mules tadi, so aku g tau gimana carane ato APAAN yg ngegunting benang IUD itu-

Lama juga prosesnya.
Sekali lagi : JANGAN PERCAYA IKLAN!

Abis itu di USG lagi diliatin IUD nya dah terpasang di rahim dengan bener apa enggak.
Beres.
Tinggal tangan masih gemeteran n perut nyeri2 mules.

Trus ntar kontrol lg bulan depannya setelah mens yg pertama selesai.
N, resep antibiotik plus anti nyeri buat 3 hari..

Begitulah.
Sebelumnya aku liat2 di net proses detailnya sama sekali g ada.
Jd siapa tau dengan pengalaman ini banyak yg terbantu nambah info..


NB : IUD tuh nama lainnya spiral, tp bentuk modernya bentuk T elastis yg dipasang didalam rahim, fungsinya mencegah sperma bertemu dengan sel telur. Ada merk Cooper T, Nova T, dll tergantung "tebakan" dokter yg kira2 cocok dengan anda ^_^'
Waktu awal dikasih peraga di meja dokter (IUD ditempelin ke rahim plastik yg bisa dibuka tutup) warnanya Coklat Tembaga gitu, g tau merk apa. Tapi karena aku belum pernah melahirkan normal, dipasang IUD yg lebih kecil, warna putih kalo g salah.
Aku sempet nanya, ada orang yg IUD nya lepas sendiri, tau2 keluar. Kok bisa yah.. Kata dokter itu mungkin karena mulut rahim dah lebar, n IUDnya lebih kecil dibandingin mulut rahim tadi. Tapi (sekali lagi) buat orang yg belum pernah melahirkan alami, DIJAMIN gak mungkin bisa keluar sendiri, hehehe.. Kuar lewat hongkong..
Jadi, buat mereka2 yang emang takut pasang IUD tapi lebih takut lg dg KB yang laen, cari info sebanyak-banyaknya. Kalopun terpaksa pasang IUD, carilah dokter kandungan terbaik yang anda kenal.

3 komentar:

gildy365 mengatakan...

hoh, langsung ditulis ya bu...hebat...request saya ditulis dalam waktu singkat...hehehe...

kok gak ke dokter pratiwi saja sih...yg di perempatan yg mau ke kos lama ku dulu...

he he he...

Anonim mengatakan...

Iya, mumpung belom lupa..
Pake dktr yg tau aku dong, hehe, kan wkt caesar juga operasi usus itu, takute kalo pindah dr laen trus g tau sejarahe trus salah, bisa gawat :p

Windra Swastika mengatakan...

Posting ini bikin aku bersyukur bahwa aku adalah seorang pria sejati... ti... :)