24.9.08

kalo mellow kumat


Orang melankolis adalah orang yang (menurutku) paling gak enak sendiri.
Ada apa dikit, kepikiran.
Ada omongan dikit, langsung parno sendiri.
Meski ada bagusnya.. Survey membuktikan banyak penulis2 alkitab merupakan orang melankolis, Daud salah satunya.. hahaha, hidup melankolis!!

Tahukah anda apa itu melankolis?
Aku g bisa ngejabarin artinya, tp garis besarnya gini.
Orang melankolis adalah orang yang sangat amat perasa.
Misal kita liat kebakaran, biasanya orang akan kebingungan dan ketakutan. Orang melankolis, secara ekstrem nih, akan ngeliat kobaran api di langit malam yang tampak begitu kontras dan menjadikannya begitu indah.. (melankolis apa gila nih, gak jelas.. hahaha)

Sisi positifnya, orang2 melankolis adalah orang2 yang perhatian sama suasana hati orang2 yang berinteraksi dengan dia. Perhatian dengan perasaan orang lain ato suasana yang ada, mengagumi keindahan, mengagungkan pemikiran2.
Negatifnya, orang2 melankolis tidak mudah melupakan rasa malu/sebal/dendam yang pernah terjadi atas dirinya. Suka mikir negatif melulu, n seringkali mengharapkan yang terburuk meski dalam suasana baik sekalipun.

Aku orang melankolis sejati!
Dulu..
Thx God!
hehehe

Sekarang, berkurang jauh, lebih mendekati sanguinis sejak jadi seorang istri dan seorang ibu. Amen!
Lebih cepat kita menyadari apa dan siapa kita lebih cepat pula kita bisa berusaha mencegah ato mengobati mellow kita itu.

Kadang kalo mellowku kumat, misal mulai khawatir2 sendiri, aku imanin aja firman Tuhan (soalnya firman tuhan tuh YA dan AMIN), serahkanlah segala kekuatiranmu kepada Tuhan, sebab Tuhan yang memelihara kamu. Amin.
Semua baik. Amin.
Bersyukurlah senantiasa. Amin.

Kalo emang g pernah baca firman n karenanya g punya panutan (Ya sodara2, alkitab tuh buku penuntun bahkan buat orang idiot sekalipun, hahaha, buku ramalan manapun ato buku filsafat paling ngetoop sekalipun pasti kalah canggih ama yg namanya alkitab, dijamin!) cobalah alihkan pemikiranmu.

Pikiran tuh bisa dibilang pengaruh paling besar dalam hidup kita. N lidah menjadi setirnya..
Jadi waktu pikiran mulai membawamu jatuh ke wilayah mellow, g perlu bingung, langsung doa, minta 'jaminan' dari God, trus lakukan kegiatan lainnya.
Misal kita tau kita sering banget terbawa suasana (aku baca komik aja bisa nangis..hiks) hindarilah cari2 masalah. Jangan nonton film yang endingnya mengenaskan. Jangan baca buku yang emang menyedihkan. Juga gak perlu nyediain kita jadi temen curhat yang paling setia. Jangan!

Btw, jadi temen curhat tuh bukanlah hal yang menyehatkan.
Kenapa?
Karena kita akan sama seperti tempat sampah waktu ada orang lain 'menitipkan' sampah2nya ke kita. Bukannya kita harus jadi orang egois yang g mau nyediain hati buat orang lain.
Menurutku, jangan jadi pohon tempat bernaung orang lain waktu daun2 kita lagi meranggas *jelek banget yah perumpamaane :p*
Gini, waktu kita lagi gak fit secara mental (disini g fit, bukan berarti gila, maksud saya, misal kita sendiri lagi suntuk, ato lagi stres, ato lagi banyak beban pikiran, dsb) jangan menambahi masalah kita dengan masalah2 baru.

Kalo kita menjadi lampu senter dengan batere redup, jangan masuk ke tempat gelap. Kecuali batere abis dicharge penuh, mo ke tempat gelap banget juga g masalah.

Orang sakit pergi ke dokter.
Nah kalo dokternya lagi g fit, ketularan sakit, siapa yg nyembuhin, hehehe, dokter egois..*lho?*

Y gitu deh.
Kapan hari kenalan ama temen baru, mellow abis.
Langsung inget, ih, ini kan aku banget (dulunya) jadi aku tau persis apa perasaannya, apa pendapatnya. hehe..
Deket orang negatif itu AMAT MELELAHKAN mental kita.
Yang pernah ngalamin pasti tau.
Ada orang yang mungkin kita bersimpati, kita kasih dorongan2, kita kasih masukan2. Eh dianya ngotot, muter2 terus di keluh kesah yang sama.
CAPEK kan?
Begitulah..

Trus dulu aku pernah juga punya temen orang melankolis sejati lainnya.
Kita lagi ngomongin apa ya waktu itu, hmm, bintang2 kalo g salah. Bintang di malam hari. Dia langsung termenung lama gitu, lama banget malah, mungkin ngrenungin salah satu pemandangan yang pernah diliatnya, hehehe, gak banget wes. Mana cowok lagi.. hahahaha

G ada orang yang sempurna. Ya, aku tau itu.
Cuman kadang sebagaimana kita tidak ingin orang lain melakukan suatu hal sama kita, ya kita juga jangan ngelakuin hal yang sama ke orang lain.
Gampang (katanya), hehehe

Proses emang lama, yang instan kalo bikinan asli dari God g ada yang 3 menit jadi..
Semua ada waktunya.
Aku belajar banyak hal dalam waktu yang g sebentar.

Akhir2 ini God ngajarin aku untuk bener2 menghargai idup.
Menghargai waktu yang diberi buat aku.
Kadang aku tetep masih bisa lupa. Tau2 udah banyak waktu yang aku lewati sia2, huhuhu..

Ada orang yang kalo g ngalamin sendiri g percaya.
Bodohnya..
Kan lebih enak g usah ngalamin yang g enak tp percaya, Hemat Waktu, Hemat Energi, buntut2nya...Hemat Uang! hehehe

-cuma membagi sebuah pemikiran-

Tidak ada komentar: