24.4.12

faster cross stitching

Salah satu cara mempercepat pengerjaan kristik adalah dengan menggunakan water erasable pen.

Caranya,
pertama, tentukan titik tengah kain.
Lipat vertikal, lipat horisontal. Titik temunya adalah titik tengahnya. Pas di pola dengan ditunjukkan dua anak panah pada umumnya.
kedua, buat garis sebanyak per 10 kotak, jadi misal dengan kain 14ct, maka tiap 1 kotak yang perlu digaris lebih kurang 1,8cm.
Paling gampang buat aja 2cm, dan tandai satu kotak paling belakang sebelum 2 cm tadi :)

jahit jahit jahit

dan sesudahnya rendam dalam air saja untuk menghilangkan garis water erasable pen tadi, tapi alangkah baiknya kita beri sedikit 'sabun cair' lembut, deterjen cair atau sabun cuci tangan juga bisa, supaya sisa keringat dari tangan kita (sebersih-bersihnya tangan sewaktu pengerjaan pasti masih meninggalkan jejak keringat) hilang sempurna.

nah setelah itu angkat. jangan diperas kayak cuci pakaian ya ^^ tapi angkat sampai air nyaris tidak menetes lagi. trus taruh di selembar kain handuk bersih. tumpuk dengan kain handuk lainnya, tekan-tekan sampai airnya benar-benar maksimal terserap.

sekarang pindah ke papan setrika.
alasi dengan handuk bersih KERING lainnya.
pastikan 'wajah' alias jahitan yang bagus menghadap bawah, yang 'jelek' yang menghadap atas.
tutupi dengan sehelai kain lagi. kali ini tidak harus handuk.. selama ini sih buat tutupnya saya pakai kain selimut bayinya marvel yang garis-garis itu, tipis gak tipis tebel gak tebel (multifungsi juga ternyata, hehe)
setrika, tekan-tekan, terus sampai kering.

siap deh diframe atau diolah untuk jadi barang lainnya :)

ini contohnya :

ini hasil 'world collection : boys' yang lagi direndam pakai rinso cair, langsung jadi biru kan warna airnya, sesuai warna water erasable pen-nya yang dipake :)

 dan berhubung ga ada meja jadi dikeringin di handuk DI LANTAI, difoto lengkap bersama kaki si penulis (ahahaha.. kapan lagi kakinya mejeng di internet :p)

proses setrika lupa poto2 ^o^
dan ini ketika sudah kering, berhubung belum siap frame jadi dipoto di atas sprei yang agak cantik, dipura-purain mat-nya gituh huehehehehe lengkap bersama anaknya :D


selamat mencoba, semoga tipsnya bermanfaat :)
salam mama metal..

Tidak ada komentar: