7.2.14

maddaddam trilogy, oryx and crake


Buku pertama dari (yang katanya) trilogi Maddaddam. Oryx and Crake.

Ternyata lumayan lho, meski tertatih tatih bacanya, sehari cuma bisa maju dua tiga bab aja, tapi memasuki sepertiga buku sudah suka.

Ceritanya, tentang seorang pria yang menyebut dirinya Snowman, sekarang berada di situasi baru, dimana sisa dia sendiri (kayaknya) yang hidup, sementara manusia lain kelihatannya sudah musnah karena suatu penyakit, mungkin. Masih di bab dimana dia bertahan hidup ditengah manusia buatan hasil eksperimen lain.
Jadi, masa kecilnya dia tinggal sebagai anak sepasang ilmuwan, di suatu tempat semacam kota canggih tempat para ilmuwan tinggal beserta keluarga mereka, menutup diri dari dunia luar.
Banyak percobaan, persilangan genetik, obat baru, dan lain sebagainya.
Jadi bisa dibayangkan kalo ini buku difilmkan pasti keren deh. Binatang-binatang bentuk baru dengan berbagai imajinasi, semacam avatar gitu tapi di bumi :)
Lalu ada Oryx, ada Crake. Masih baru tau tentang Crake, seorang teman sesekolah Snowman di fasilitas, pintar dalam ilmu pengetahuan, dan yang mulai menaruh curiga tentang tujuan fasilitas tersebut.
Oryx, diceritakan di awal sebagai anak perempuan yang mereka temukan di sebuah web porno.. Tapi bakal jadi tokoh penting juga sih.
Secara ketika Snowman menceritakan keadaannya, di bumi yang "baru" itu para manusia hasil eksperimen (badan super model, gen terbaik manusia, dengan bau badan beraroma citrus guna menangkal gigitan nyamuk -o- dan separuh badan bewarna biru jika tiba masa reproduksi..) mengenal Crake sebagai Tuhan mereka, hasil penjelasan Snowman juga sih, lalu binatang-binatang hasil eksperimen dianggap sebagai ciptaan Tuhan Oryx.
Ya, ceritanya emang begitu..

Tapi hari gini banyak banget fiksi ilmiah (bener ya?) yang kalo dipikir bisa terjadi juga lho di masa depan.
Kayak tentang fasilitas ini, ceritanya sudah menemukan obat menyembuhkan sakit gigi... Dengan mengubah kuman jahat menjadi baik, yang mampu menutrisi gigi dan sebagainya sehingga akhirnya semua dokter gigi jadi pengangguran.
Akhirnya seluruh umat manusia tidak perlu obat lagi karena tidak adanya penyakit. Jadi fasilitas ini jugalah yang menciptakan penyakit-penyakit baru yang dibiarkan menular dan bermutasi, untuk kemudian bersamaan diciptakan obatnya juga. Politikm ekonomi, pengetahuan gitu deh intinya..
Bisa jadi kan.
Trus penciptaan binatang genetik, seperti ayam tanpa bulu, untuk konsumsi. Di buku ini bahkan lebih ekstrim lagi, ayam dengan tanpa mata, hanya disisakan mulut untuk makan, sehingga benar-benar dieksperimen ayam yang siap dipanen dalam sebulan. Tanpa protes para vegan karena tuh ayam sudah ga punya saraf sehingga tidak bisa merasakan sakit sama sekali. Indra juga dihilangkan semua, otak dihilangkan, hingga yang tersisa hanya ayam dengan mulut.
Dibacanya kebayang sakitnya orang-orang itu ya.
Tapi mungkin lho.. bisa terjadi..

Lumayan deh. Plot ceritanya bolak balik antara Snowman sekarang dengan masa lalunya. Jadi tanpa baca sinopsis tentang buku ini, meraba-raba mulai bab pertama, jadi seru.

Tidak ada komentar: