9.8.13

busy hands

Hari ini diawali dengan (dipaksa) bangun pagi ditagih janji sama anak untuk bikin donat!

singkat cerita, ini dia (hahaha)
tester langsung empat buah!
Gak ribet kok, kali ini pake tepung donatnya Pondan punya. Jadi hanya perlu menambahkan air, kuning telur, plus tenaga.
iya.. tenaga buat mukulin itu adonan.. pagi-pagi olahraga.. -o-

Sukses. Dari 17 buah, ini sisa satu.. Padahal serumah cuman berdua.. serem juga ya :D


Trus siang menyibukkan diri dengan menyiapkan kain-kain untuk SAL (sew along together) berikutnya. Jadi, karena saya me'ramu' sendiri persiapannya, bukan beli paket, jadi untuk kepraktisan dan keamanannya saya buat satu map plastik untuk satu proyek.
Tiap map isinya, kain, pola, benang gulungan dalam satu plastik, dan benang masing-masing warna semeter di satu kertas manila yang sudah dilubangi dan diberi kode. Ya... kurang lebih samalah dengan paket-paket kristik yang dijual. Hanya saja yang ini tulisan tangan, bukan cetakan ^^

Banyak lho. Proyek-proyek yang sudah selesai disingkirkan, supaya mapnya bisa diisi yang baru. Trus khusus untuk proyek mirabilia si athena, dapat map paling gede :p bakal jadi primadona soalnya..
Kain nya juga begitu. Antara 14, 16, dan 18ct kan.
Untuk 2 SAL, Permin dan Mirabilia, pakai 16ct.
Untuk 2 SAL berikutnya, HAED dan SODA pakai 18ct.
Untuk SAL sisanya, Stitcher's Verse pakai 14ct.
Dan untuk proyek yang belum dibuat (baru diicip icip dikit :p ), ABC Wedding siap di map sendiri.
WIP sementara ada tiga. Si mermaid, tidak pernah keluar dari rumah, jadi tersimpan selalu diatas meja, lengkap dengan sterofoam dan kotak benangnya (primadona saat ini),
Camper Van, satu map sendiri, biasa dikerjain di meja makan sambil nemenin marvel cuap cuap, satu map sendiri, karena yang ini dirancang untuk mobile -hehe- alias dibawa keluar rumah, begitu ketemu meja nganggur sama ada waktu, pasti digelar.. Makanya, wip2 mobile lebih cepat selesai daripada wip primadona yang butuh waktu khusus.
Dan si Birdcage, masih digulung manja, nunggu ada mood buat main benang metaliknya. Berharap semua wip ini selesai sebelum 2014.. amin..

HAED, mom and baby turtle. 18 ct.

Mirabilia, Athena, goddess of widom. 16ct

Permin Clock, 16ct

Soda, in the fairy tales book. 18ct

Stitcher's Verse, 14ct

WIP Camper Van, sisa bagian pasir, nge-blok banyak, jadinya malaaaassssss

WIP mermaid mother, abaikan latar belakangnya ^o^

WIP Wedding ABC, sementara ini baru jadi bagian huruf A, anniversary. Rencana mo buat hadiah wedding ^^ tapi kemungkinan besar susah ngelepasnya kalo uda jadi.. kecuali ditawar mahal, hahahaha



Nah. Mantep kan!

Kalo ditanya orang kenapa sih hobi banget ngristik.
Ya, kenapa enggak.
Hobi lain sih antara baca buku, ato maen komputer..
Mending mana, baca buku, saya asik sendiri.
Main komputer, saya asik sendiri.
Sulam menyulam, saya asik sendiri, dan menghasilkan karya!
:)

     
saya banget banget..
Nah.
Andai kamu bisa baca pikiran saya..

Pasti bakal jauh-jauh untuk seterusnya :p
Karena ini kepala suka muter ga karuan, mikir kesana kemari, mikir yang dulu mikir yang akan datang, mikir yang sekarang. Mikir yang belum tentu terjadi, mikir yang bisa terjadi, mikir yang mungkin bisa terjadi, mikir kenapa dulu tidak terjadi, dan semua teman-temannya.
Stres.
Banyak banget yang harus dipikirin, maupun yang kepikiran.
Dan untuk bawaan melankolis semacam saya, harus punya kesadaran diri.
Kesadaran diri untuk tidak membiarkan pikiran-pikiran tadi menghanyutkan kemana mana, yang akhirnya bete sendiri, stres, bisa jadi depresi.
Gak bagus, gak sehat, dan gak ada gunanya!
Karena itu hobi manusia manusia sejenis saya pasti kurang lebih sama; semua hal yang ga berhubungan dengan manusia! Wkwkwkwkwkwk..
Sudahlah, dengan otak seasik punya saya, ga ada bosennya kok.
Cuman ketika uda mulai masuk pemikiran-pemikiran negatif, harus langsung dienyahkan!

Kalo dulu masih muda, menulis diary!
Bener, membantu sekali.
Dikarenakan i don't like people, ga mungkin deh tau2 curhat ga jelas sana sini. Apalagi kalo yang dicurhatin hanya seputar isi kepala, bukan tentang perkara sehari-hari ato apalah.
Baca buku!
SD dulu kelas lima ato enam, uda mulai hobi ke perpustakaan (hahahaha, bibit kutu bukunya mulai disiramin) baca abis semua cerita  mitologi yunani.
Bersyukur lho punya sekolah dengan koleksi buku macam gitu meski masih SD..
Trus lanjut SMP. Bener deh, itu semua novel Agatha Christie, Sherlock Holmes, Lima Sekawan, N.H Dini, dll, uda dibaca seperpustakaan.. Sampe novel Sybil, kisah nyata perempuan dengan 16 kepribadian, yang mungkin bukan favorit anak SMP juga uda dibaca berulang-ulang.
Sampe SMA, jam istirahat dua kali. Pasti salah satunya di perpustakaan...
Pinjaman novel tiap beberapa hari sekali dua buku selesai.. Dan itupun sampai lulus masih banyak yang belum dibaca :')
Bayangkan, 4 tahun sesudah SMA, bertemu salah satu staff perpus SMA di gereja. Sayanya aja cuman inget-inget lupa, namanya juga tidak pernah tau, taunya o iya, guru perpus.. :p Eh dianya inget sama saya.. Huehehe.. disuruh main-main ke perpustakaan kalo ada waktu..
Pengen.. tapi malu juga kalo uda tua ke sekolahan mejeng di perpus.. hihi..
Kuliah juga. Sayang perpusnya jelek banget -o- isi buku buku tua, pelajaran semua (maklum ekonomi akuntansi gituh..) tapi untungnya di seberang kampus, waktu itu, ada penyewaan komik dan novel.
Hahahahaha.. kalo ditotal selama beberapa tahun kuliah itu omzet dari porsi sewa-ku aja harusnya uda dapat parcel lebaran tiap tahunnya hihi

Kalo ditanya kenapa suka banget baca.
Ya karena seru aja mengetahui isi kepala orang lain, imajinasi orang lain, pemahaman orang lain, diramu dengan kata-kata kalimat-kalimat yang enak dibaca. Apalagi kalo beneran penulis yang bagus.. Kita hanya perlu membaca, detail ceritanya, kekuatan tokoh-tokohnya, deskripsi masing-masingnya, wah, kalo saya sendiri sih bisa 'ngilang' di dalamnya.
Apalagi kalo penulisnya super duper keren. Nyampe akhir buku bisa ikutan sedih, berasa gak rela balik ke kehidupan nyata.
Dan dengan baca buku aja, meski uda berulang kali, untuk buku buku bagus, tetap bisa bikin nangis lho, meski cuma dengan satu kalimat aja.. Kayak five people you meet in heaven ya, hiks, udah tahunan punya tuh buku, hingga sekarang masih berani baca DUA KALI. Itupun nangisnya masih lagi dan lagi :)
Ada lagi buku-buku dengan karakter tokoh utama yang kuat, diceritakan sejak lahirnya, hingga tuanya, beserta jatuh bangunnya, dan bahkan sampe akhirnya mati. Dih, paling gak nahan kena cerita begituan. Last emperor, les miserable, time traveller's wife, apalagi ya.. pokoknya yang bikin nyesek gitu deh.. Ga baca rugi, baca nangis. Halah..

Kalo ngomongin buku sih bisa lama..
Kadang berharap nemuin teman sejiwa yang sama gilanya :') yang ngerti maksud pikiranku.. hiks
Alasan lain kenapa membaca itu asik sekali.. Karena untuk buku dan cerita bagus, otak ini kalah. Mengalah pada jalan ceritanya. Apalagi dengan jalan cerita yang tidak bisa ditebak.. Ada kepuasan sendiri 'terkalahkan' oleh suatu cerita bagus. Dan ada perasaan 'masuk dalam buku' di dalamnya, hidup bersama tokoh-tokohnya, simpati dengan kesusahannya, senang dengan kegembiraannya. Bener deh, katanya pembaca itu hidup dan mati ratusan kali, sesuai dengan buku yang dia baca, orang yang tidak pernah membaca hidup cuma sekali..^^
Apa karena itu ya mimpi-mimpiku selalu super imajinatif.. hahaha, berasa nonton film tiap malamnya ih.. bener lho, kadang dalam mimpi tadi ada awal dan ending. kadang happy ending, kadang enggak. kadang ikut berada didalamnya, kadang hanya berisi orang orang asing semua. kadang tempatnya  familier, kadang tempat baru yang sama sekali tidak pernah dilihat. dan kadang yang agak bikin ngeri penasaran, tempat tempat yang sama di banyak mimpi. seakan akan alam mimpi itu punya peta pastinya sendiri.. asli..

Ah, andai kamu bisa baca otakku..

Main game juga membantu lho,
tapi tidak terlalu dianjurkan sih, hihi.
Selain merusak mata, bikin badan ga sehat kelamaan di depan komp, bahu pegal, mood semakin ga ingin diganggu orang, singkat kata bikin apatis dan egois. Kecuali punya kedisiplinan diri untuk membatasi dan mengetahui kapan harus berhenti.
Salah satu keanehan diri saya sendiri. Suka nantang. Bukan nantangin orang, takut kalo itu :p Sukanya nantangin diri sendiri.
Jadi seandainya main game (offline), suka banget bisa ngalahin recordnya sendiri (new record!).
Begitu juga dalam game rpg. Pasti awalnya main sendiri, sampe tamat. Baru ulang lagi, pake walkthrough (whaaaaaa).
Saya tipe orang yang suka baca tutorial.
(ya saya seaneh itu)
Tapi dengan tutorial yang lengkap dan 'bener'. Pasti bisa sendiri, ga perlu diajarin orang lain.
Saya suka belajar.
Dalam hal yang saya suka.
Belajar.
Sampe bisa!
Setelah bisa, ya sudah...
Makanya kata mama 'kamu tuh anget-anget tahi ayam' Huaaaaaa!!!!!!!!
Pembelaan saya, 'yang penting BISA!' 'dan sudah MENCOBA!'
Bener lho. Meski semua yang saya pelajari memang ga pernah diseriusi kelanjutannya, maksudnya mbok ya dikerjai, biar jadi kerjaan, bisa jadi usaha..
Lha orang cuman PENGEN BISA. Bukan pengen bisa untuk kerjaan.. hehe, asli mungkin di kehidupan sebelumnya kalo ada saya ini hippie gelandangan gak jelas itu.. :p
Ya, suka-belajar-ku ini sifatnya super egois :p

Terakhir, hobi lama ini, Cross Stitch!
Sudah setahun lebih sih ini balik menekuni hobi masa kecil. Dan ternyata, bagus banget untuk mendiamkan otak.
Apalagi kalo ngadepin pola rumit. Sip banget. Otak ga sempet mikir macam-macam, konsen penuh sama pola dan tangan biar ga bikin kesalahan.
Iya, mata makin minus, bahu capek, pinggang pegal (saya selalu berusaha duduk di kursi tegak lurus dan meja didepannya. ga pernah nyaman menjahit di ranjang ato sofa..).
Tapi telinga masih terbuka. Siap ngobrol sama anak. Siap menjawab dan meladeni semua perkataannya.
Begitu agak pegal, berdiri, jalan, ngapa-ngapain dulu. Duduk lagi.

Baca buku itu efektif, kalo bukunya bagus.
ato epadnya full batere..
ato anaknya ga ganggu..
hehe

Iya lho, kalo lagi menjahit, masih bisalah diajak ngobrol sama orang.
Tapi kalo baca buku, jangan diganggu..... bisa keluar tanduknya.. huehehehe

Untuk beberapa orang, nonton tv ya..
humm..
Sekarang ga tahan duduk diem di depan tv. Kecuali emang filmnya super seru..
Dan saya ga suka sinetron.
Jadi untuk para ibu yang sirik dengan hobi-hobi saya, tapi nontonnya sinetron sama infotainment.. kelaut ajah..
Beberapa malam ini bukain youtube nonton Happy Together, ngakak sendiri malam2. Lumayan, pereda stres. Dan tetep memaksa otak baca subtitle nya. Maklum, ga ngerti babar blas bahasa korea, hahaha..

Jadi, kesimpulannya; berpikir logis.
Kalo tidak mampu berpikir logis, alihkan perhatian. Paksa otakmu untuk diam.
Baca buku, main game, sulam menyulam.
Mungkin bisa tukang-menukang. Pengen sih, tapi mahal. Puzzle 3d ratusan ribu rupiah.. Tiap kali liat ngiler.. hahaha
Sementara puzzle 2d uda puas kok.




Weleh weleh, lagi-lagi topik memanjang lebar kemana mana. Harus belajar menulis dengan lebih baik lagi ephaa...
Ini sih tanpa editan, fresh from the brain ^^ maafkanlah..


Jadi, sore tadi lanjut abis siapin pola dan kain masing masing calon proyek, satu kain harus diwarna.
Untuk SODA yang fairy tales book, disarankan warna kainnya abu-abu kecoklatan kah? Tau deh, pokoknya pewarna di rumah sisa abu-abu, hitam, biru, dan ungu.
Hitam, pernah coba. Haha, untuk amatir kayak saya jangan deh..
Jadi, abu-abu kapan hari hasilnya lumayan. Ambil.
Banyak yang nanya caranya mewarna kain kristik.
Mo mejengin link blog di fb kok ga pede. Maklum kalo kasih tips ato tutorial sambil nulis ngalor ngidul..
Biar deh yang jodoh aja yang baca..

Jadi, untuk mewarna kain ala eva ini, hanya butuh pewarna kain bubuk.
Air mendidih.
Dan kainnya.
Untuk kain lokal, ga mempan diwarna. I've tried..
Maklum, bukan katun 100% jadi begitu disiram, ilang lagi warnanya :)

Udah, siapin tempat, kasih bubuk pewarna. Siram air panas. Aduk rata.
Untuk motif, banyak cara. Ada yang diikat pake karet gelang, diberi kelereng, disemprot, pake sikat gigi dan sisir, spons, dll.
Tapi untuk saya sendiri selama ini, pake tissue, mungkin kain lebih baik, dicelupin ke pewarna, di'totol-totol' in ke kainya, sesuai corak dan warna yang dimau.
Penting, setelah dicelup, jangan langsung ditempel ke kain, tarus dulu di kain lain, ato tisu lain biar tetesan awal yang biasanya warnanya lebih gelap ga bikin kain terlalu belang..
Dulu awal kainnya kuremas-remas, disiram acak sambil diputar-putar. Bisa jadi pola cantik dan lebih cepat. Tapi kainnya jadi lecek, jelek banget. Biar uda disetrika masih ada bekasnya.

Untuk para onlen shop yang bikin kain warna juga, kurang tahu gimana caranya, tapi kayaknya sistem celup. Cari aja di google ato youtube ^^ nti ajarin saya kalo uda bisa ya..

So,
abis ngewarna kain untuk SODA, ini 18ct, takut juga kalo sampe gagal, buang-buang kain, buang-buang duit.. jadi ga berani macam-macam. Satu warna aja.
Kali ini, berhubung panjang, 75cm. Saya gulung, berusaha ga ada lipatan, jadi gulung yang beneran bulat. Ditaruh di dasar ember. Disiram pewarna tadi. Diguling gulingkan, dua menit lah kurang lebih.
Siram dengan air, keringkan/jemur lurus!
Jangan mengeringkan di permukaan yang tidak rata, nanti warnanya belang.
Atau jemur dengan dijepit salah satu sisinya saja.

Lebih bagus lagi sih dikeringin dengan cara disetrika...
Tapi males banget, dari basah sah ke kering ring itu lama sodara! :p lebih cepat diangin-anginkan ato dijemur tadi, hihi..

Dan batallah SAL soda untuk pola ini. Harus ganti pola lain lagi.
Kenapa?
Karena ga nahan mencicipinya!
hihi
sebagai perbandingan kecilnya lubang di 18ct, bisa dilihat sendiri ^^

Sekarang yang tersisa tinggal capeknya.
Hidup ini indah ya ^^
God bless!



Tidak ada komentar: