29.11.10

Bartimaeus Trilogi

THE AMULET of SAMARKAND -Jonathan Stroud-


Buku pertama dari Trilogi Bartimaeus ini nyeritain tentang sebuah amulet, semacam jimat pelindung, yang dicuri sesosok jin bernama Bartimaeus, yang dipanggil ke dunia oleh seorang penyihir muda ditugasi untuk mencuri dan menyembunyikannya di rumah masternya sendiri dalam rangka balas dendam pada pemilik amulet tersebut.
Kalimat panjang yang ga jelas yak, hahaha
Jadi gini gini. Ceritanya, di buku ini pemerintahan itu resmi dijalankan oleh para penyihir. Dan penyihir-penyihir ini dilatih sejak kecil. Satu master satu murid.
Tokoh utama namanya Nathaniel, penyihir kecil yang haus pengetahuan, tapi ditempatkan di bawah master yang biasa-biasa saja.
Dan salah satu dari atasan masternya pernah mempermalukan dia sementara masternya sendiri tidak turun tangan ngebelainnya.
Dari sana dia dendam, belajar sendiri dari buku-buku di perpustakaan masternya, akhirnya berani memanggil salah satu jin yang levelnya cukup tinggi yang bernama Bartimaeus tadi.
Jin ini diberi tugas mencuri barang dari musuhnya, kebetulan aja barangnya ternyata berharga sekali, awalnya mau Nathaniel gunakan untuk menjebak, tapi malah berbalik master dan istri sang master tewas dibunuh, dan Nathaniel melarikan diri, niat membalas dendam semakin besar, dan bla bla bla endingnya amulet berhasil dirampas dari musuhnya sewaktu satu pemerintahan hendak dimusnahkan dengan pemanggilan jin yang amat buas sementara sang musuh utama telah memakai amulet tadi yang ternyata kebal segala macam sihir dan serangan jin, jadinya sewaktu amulet dirampas, si pemanggil tadi mati dah.
Amulet berhasil direbut, dikembalikan pada pemerintah, Nathanielnya jadi pahlawan. Jinnya dibebasin. Ending buku pertama.

Ceritanya datar abisssssss

THE GOLEM'S EYE -Jonathan Stroud-


Buku kedua dari trilogi Bartimaeus ini nyeritain Nathaniel yang sudah mendapat master baru, jabatan juga di pemerintahan, sedang menghadapi serangan para commoner, penduduk biasa yang tidak punya keahlian sihir yang sedang memberontak terhadap pemerintahan berbasis penyihir, sewaktu dalam salah satu serangan itu muncul sesosok makhluk yang diduga Golem, yang seharusnya sudah punah beberapa ratus tahun lalu.
Nathaniel dapat tugas menyelidiki perkara ini, memanggil jin Bartimaeus kembali untuk bantuan, menyelidiki dan blablabla endingnya dia diselamatkan oleh seorang commoner anggota pemberontak.

Masih datar juga

PTOLEMY'S GATE -Jonathan Stroud-


Buku ketiga dari trilogi Bartimaeus ini paling lumayan dari semua.
Paling gak disini diceritain master lama Bartimaeus, satu-satunya penyihir yang berani menyeberang ke dunia jin. Tidak ada penyihir lain lagi yang mencoba, sampai di bagian ending buku ini, sewaktu para jin berhasil menguasai tubuh anggota pemerintah, seorang commoner biasa yang di buku sebelumnya menyelamatkan Nathaniel berhasil mencoba ke dunia jin, mencari Bartimaeus untuk minta pertolongan, Bartimaeus menyatu dengan tubuh Nathaniel, ngalahin musuh-musuhnya. Dan tinggal beberapa mili halaman yang belum selesai jadi belom tau endingnya :)

Yang pasti, ketiga buku ini merupakan buku terlamaaaaaa yang pernah aku baca. Biasa sehari bisa abis bacaan satu dua, yang ini udah sejak 17 november kemaren susah banget mo nglanjutinnya. Sama sekali ga asik ceritanya, bahkan di buku ketiga, di klimaksnya ini bisa berenti baca, nyicil dua hari juga baru balik beberapa halaman, sama sekali ga bikin penasaran, hiks, kecewa..
Pantes bolak balik liat nih trilogi di gramed sama sekali ga pernah pengen beli, hehe, insting membenarkan logika ternyata ^^
Mungkin bakal baca ulang beberapa bulan lagi, fiuhh

Tidak ada komentar: