9.11.10

bite me

Semalem nonton bbc bentaran, pas acara Bite Me with Dr. sapa gitu, lupa.
Dan lumayan dapat pengetahuan baru :)

Jadi, ceritanya lagi mengunjungi India.
Karena tidak ngikutin dari awal, tau-tau udah entah topik yang keberapa. Jadi diliatin ramainya jalanan di salah satu kota disana. Banyak orang seliweran plus kendaraan plus sapi-sapi di jalanan.
Dan ternyata topiknya bukan tentang itu, tapi tentang kutu yang disebut Scabies.
Kutu berukuran sepertiga milimeter ini bewarna nyaris transparan sehingga susah dilihat dengan mata telanjang, dan ternyata mereka ada dimana-mana, aaaaarghhhh
Jadi, dapat dipastikan kita bisa ketularan dari manusia lain kalo sering 'kontak' dengan mereka dalam waktu lama (diliatin jalanan yang rame tadi, orang saling senggol dengan orang lain) atopun lewat kontak intim (kalo yang ini mah ga dikasih liat :p). Tapi kalo sekedar jabat tangan gak akan ketularan.
Scabies ini tinggalnya dibawah kulit manusia. Jadi mereka menggali dibawah lapisan kulit, tiap harinya maju 2-3cm (sambil terus bikin terowongan) dan seumur hidupnya bisa betah disana sambil tentunya makan (makan daging) dan be'ol, dan bertelur.
Buat manusianya, gatal2 tentu saja, dan kalo kutunya banyak, alias galiannya banyak dan be'olnya banyak dan sebagainya, bikin kulit mengeras. Yap, disertakan juga foto-foto para penderitanya :|
Trus ya, klo imun badan kita normal, cuman bisa membatasi scabies ini bertelur paling banyak selusin (katanya gitu). Tapi buat orang yang imunnya jelek, termasuk orang-orang tua, susah ngebatesinnya (dan sekali lagi dikasih liat gambar lain dimana ada orang tua tangannya menebal tidak wajar akibat scabies tadi)
Tapi jaman sekarang gangguan kutu yang ini sudah bisa ada obatnya, jadi tidak termasuk penyakit mematikan, katanya.
fiuh..

Topik diganti lagi.
Sekarang host nya jalan-jalan ke pasar disana. Diliatin buah dan sayur-sayuran segar. Dan segera menuju topik berikutnya : CACINGAN
Hahaha, kirain tadi tentang budaya india, ga taunya tentang binatang kecil-kecil yang serem-serem..
Jadi, jangan asal makan sayur ato buah tanpa mencuci lebih dulu kulit luarnya. Soalnya telur cacing yang kebanyakan dari berasal dari kotoran (manusia atopun hewan) suka nempel disana.
Telur-telur tadi kalo kita makan, bakal tinggal dan berkembang biak di usus, ikut makan makanan yang kita makan, dan bertelur juga didalam. Bahkan larvanya bisa menembus dinding usus, jalan-jalan kesana kemari. Diliatin foto anak kecil dengan cacing yang udah gede keluar dari hidung sama matanya, aaaahhhhhhhhh
Trus ada yang bisa merusak paru-paru, bahkan paling parah merusak otak. Serem kan
Ih, kebayang-bayang terus tuh cacingnya yang kuar dari hidung, hoek =.=
Obatnya bisa obat cacing biasa. Tapi katanya sih cacing ini ga bahaya, kecuali pada beberapa kasus tadi, ha ha ha *ketawa ga enak*
Jadi serem sendiri, mengingat marvel kalo di rumah neneknya suka ga pake sandal maen di kebun depan rumah. Tau sih tau tentang cacingan, tapi ga pernah sampe diliatin gambar orang cacingan beneran, hiks. Abis ini kalo perlu diiket didalem rumah aja deh :)

Abis itu bahas soal rabies. Dengan penyebarnya yang utama anjing. Standar. Pengetahuan baru yang didapet, ternyata ga semua anjing pengidap rabies tuh beneran terlihat kayak anjing gila yang mangap-mangap galak sambil ngiler-ngiler. Bahkan gejala anjing rabies juga bisa anjing itu mendadak menyendiri trus jadi pendiam.

Pindah ke monyet. Disebutin di india sana ada kota suci (lupa nama kotanya apa).
Di kota itu terdapat kuil yang didirikan buat menghormati Hanuman, dewa kera putih. Dan, banyak monyetnya..
Dan, gigitan monyet ternyata cukup berbahaya.
Pertama digigit, daerah gigitan tadi akan ngalamin yang namanya kerusakan syaraf, terasa sakit terus menerus di daerah bekas gigitan tadi. Bahkan efek sampingnya ada yang lebih mengerikan, tepatnya apa lupa.. (hiks, pikunnya kumat)
Yang pasti, lebih baik mencegah daripada mengobati.
Tips paling gampang, jangan pernah mencoba kasih makan monyet, jangan juga pake aksesoris mencolok yang bikin monyet tertarik.

Sapi sebagai hewan suci di india juga dibahas. Kali yang disorot adalah sapi sebagai hewan pembawa virus tuberkolusis. Jadi, makan daging yang terinfeksi virus TB ini bisa bikin kita ketularan.
Dan tuberkolusis, menurut statistik di india, membunuh satu orang tiap menitnya.
Jadi dari satu orang kena, begitu dia bersin misalnya, orang-orang disekitarnya punya resiko besar banget untuk tertular.
Ya, meski kecillllllll banget ternyata yang namanya virus tidak boleh diremehkan.

Bagus deh.
Makin banyak tau, makin pinter.
Makin pinter, makin mikir.
Makin mikir, makin ngitung.
Makin ngitung, makin takut.
Makin takut, jadi parno.
Akhirnya, manusiapun jadi sombong. Segala sesuatu yang tidak dikuasainya, akan disingkirkannya. Halah..

Tidak ada komentar: