6.12.10

Tes IQ Babak Dua

Tes IQ babak dua berlanjut, setelah sempat ditunda sehari dikarenakan paginya ke kuburan papa dan dalam perjalanan pulang si marvel udah KO gara-gara bangun kepagian, tadi pagi, kali ini berdua aja, kembali mendatangi tempat tes tersebut.

Dan ternyata udah ditunggu kedatangannya, marvel juga uda hapal banget ama tempat tesnya (udah kejar-kejaran segala sama pengawasnya di situ..) dan kembali diulang. Kali ini bapaknya ganti orang, kalo kemarin yang sabaaaarrr banget, hari ini yang sopaaaaannn banget. Bener deh, baru kali ini diajak ngobrol ama orang yang jawabnya bukan 'iya Bu' tapi 'inggih Bu' (bahasa jawa yang sopan, hehe)
Lagi-lagi marvelnya cuek, disuruh ini itu semaunya sendiri, sempet lepas sandal lari-lari keluar, sempet juga loncat-loncat di sofa.
Terakhir mo pulang sempet rebutan mobil mainan (salah satu alat buat tes juga) dan baru mau 'dituker' sama permen (itupun waktu sibuk pegang permen mobilnya disembunyiin si mama ke pinggir sofa) hahaha

Kesimpulan sementara, tes nya ga bisa dilanjutin.
Kenapa?
Karena anaknya tidak memungkinkan untuk melanjutkan tes, bisa-bisa hasil tesnya tidak sesuai sama faktanya.
katanya begitu..
Soalnya, marvel disuruh ini itu mau, kalo lagi mau, dan ada yang dicuekin abis sementara bingung maen mobil..
Jadi hasil tes kalo maksa diterusin bisa-bisa menyatakan anak saya idiot -o-

Dan dapat masukan sedikit dari bapaknya (entah siapa nama mereka, lupa nanya :p ) sebenarnya semua perintah marvel ngerti, cuman penyampaiannya secara aktif (baca : ngomong) masih kurang berkembang (baca : ga lancar) *susah bener bahasa indonesia ala psikolog gini yah*
jadi, stimulan utama lebih baik kalo sering dikumpulin ama anak sebayanya.
Maklum, selama ini kebanyakan cuman berdua ama mamanya yang jarang ngomong juga (huehehe) di rumah. Ada anak tetangga pun jarang ketemu. Mau disekolahin kemaren semua pada ga setuju, takut marvel diapa-apain (ato ngapa-ngapain) temennya trus ga bisa lapor. Ditanya namanya siapa aja ga bisa jawab..
Nah, itu yang harus diubah.
Kan sempet nanya, hubungan antara telat bicara sama tes IQ itu apa.
Katanya, ga ada hubungannya.
...
Alasannya, tes IQ itu cuman buat perbandingan antara perkembangan otak anak seharusnya sama perkembangan anak saat ini kayak apa. Kurangnya dimana, normalnya bagaimana, dan lebihnya kayak apa.
Tanya lagi, perlu diikutin terapi bicara gak kalo kayak gini.
Lebih baik disekolahin, katanya.
Tapi bukan sekolah yang 'belajar' lho. Cari sekolah tempat anak-anak seusia berkumpul bermain sama-sama.
Itu dia......

Kan selama ini kita mikirnya udah pasti mo masukin marvel ke tempat sekolah tercinta St.Yusup sana, maklum mamanya tiga bersaudara mulai TK ampe lulus SMA disana :) *keep in spirit katanya* jadi pengennya anaknya juga masuk sana.
Biar sibuk belajar, pergi pagi pulang sore, sibuk ngerjain tugas ama pe er, trus belajar buat ulangan, abis itu semua ternyata udah tengah malam, harus tidur soalnya besok mesti bangun pagi sekolah pagi gak boleh telat.. Hueh, menderita banget ternyata idupku dulu yak, hahaha
Tapi alesannya sih, biar anak beneran sibuk belajar, ga sempet gaul yang aneh-aneh, bener juga. Cuman kok jaman sekarang rasanya sayang banget idup cuman buat belajar 'teori', pengennya punya anak besok sekolah cuman buat 'iseng' tapi belajar 'idup' beneran, biar gedenya ga kaget liat realita!!! (curhat colongan, hehe)
Maklum namanya keluarga, semua sayang ma marvel jadi semua maunya marvel dapet yang the best ewes ewes gituh.
Sempet mikir, rundingan juga ma suami, nti kalo pilih TK, dimana masa sebelum lima tahun katanya masa keemasan otak ama dasar kepribadian anak buat seterusnya yang ga bisa diganti lagi, masukin ke salah satu sekolah lain yang emang banyak banget aktifitasnya, entah itu prakarya, renang, dan laennya. Ato sekolah laen lagi yang emang lebih banyak kegiatan daripada cuman di sekolah yang kerjanya teoriiiii terus.
Tapi belom pernah sampe deal, masih bingung.

Ditambah ini lagi, dikasih saran dari ahlinya, mending disekolahin. Nah, TK jaman sekarang setauku udah diajarin baca abjad ama huruf..
Harus duduk manis di kelas, ga boleh bolos, disiplin banget banget banget.
Kan kasian..
Di jamanku TK perasaan ga ada murid berani bantah guru. Adanya guru mengajar, murid menerima.
Jaman sekarang kan beda, murid harus berani kasih pendapat, biarpun salah, harus berani ngapa-ngapain, biar semua potensi keliatan dan akhirnya bisa dikembangkan.
Ta ta tapi.. disana ga bisa.
Nah, kalo cari sekolah lain lagi, dokter perkembangannya bilang, jangan disekolahin yang dua bahasa, anak tambah bingung belajar bicaranya, sekolah yang aman mana lagi adanya.
Satu guru, muridnya 40 lebih.
Waktu istirahat ada yang jatoh dari tangga perusutan pun gurunya taunya pasti telat. Serem duluan ngebayanginnya.
Jadi sekarang sibuk bingung mau masukin sekolah mana, yang bisa dicoba dulu, plus guru ama murid jumlahnya imbang, tempatnya aman, ngajarinnya bener, singkatnya kualitas terjamin, ama yang deket-deket aja.

Ternyata mikirin pendidikan buat anak susah juga ya.
Kadang liat gamer-gamer di net yang sampe bolos sekolah, bolos ujian, ato make duit sekolah buat maen bawaan pengen jitak satu-satu, belom tau rasanya jadi orang tua :)
Ah, yang penting kasih yang terbaik, mengharap yang terbaik, dan semoga besok-besok dapat hasil terbaik, amin.

Tidak ada komentar: