28.4.10

Palace of Illusions

Akhirnya baca buku lagi. Setelah sekian lama cuman di depan tipi ama kompi sore ini dapet The Palace of Illusions tulisan Chitra Banerjee Divakaruni.

Pertama kali denger cerita wayang yah sebutannya, itu dulu waktu SD.
Ada pelajaran bahasa daerah kan, bahasa jawa. Nah salah satu topiknya tentang Mahabaratha ama Ramayana, waktu itu sih dengerinnya standar anak kecil didongengin wayang yang terus dijadiin bahan ulangan *DENGG* jadinya bikin otak otomatis menganggap cerita tadi merupakan salah satu 'hapalan' yang bikin abis ulangan selese langsung lupa, hahaha..
Trus SMP ketemu perpustakaan. Udah mulai maniak buku kan waktu itu. Sempet ngulang baca mahabaratha ama ramayana.
Trus di jaman itu juga sering ga sengaja liat di tipi klo siang2 filmnya mahabaratha, lupa de disetel di saluran mana, tvri bukan ya :)
Film india kayaknya, jadinya hampir semua pemainnya terlihat sama buat saya waktu itu, alias susah nyambungnya buat saya (ini otak susah banget inget2 nama2 orang, baca sam kok aja selalu ketuker2 nama tokoh2nya yang segitu banyaknya).
Jadi emang lebih bagus baca sendiri, paling gak bisa bikin cerita itu jauh lebih idup ^^

Jadi, Mahabaratha kan cerita soal perang besar.
Di buku ini diceritain dari sudut pandang salah satu tokoh wanitanya, Drupadi, yang bisa dibilang jadi 'pencetus' perang besar itu.
Jadinya lebih dramatis kali ya, lebih mengharubiru, huhuhu, masih rada kebawa suasana ini :p

Ceritanya bagus T_T detailnya bagus T_T endingnya bagus T_T tapi tetep tragedi, huhuhuhu..

Banyak buku bisa buat meluruhlantak perasaan.
N jadinya ga suka sering2 bacanya.
Kayak Five People You Meet in Heaven,udah punya tuh buku bertahun-tahun, cuman berani baca 2x, hueuheuheuhe, soalnya pasti nangis deh :p
Time Traveller's Wife juga dg ending yang menyentuuhhhhh banget. Kayaknya ada filmnya ya, gak minat banget mo liatnya, pasti gak mungkin bisa 'ngena' sebagus bukunya.

Banyak juga buku bisa bikin serem2 sendiri.
Sama, jadi gak suka terlalu sering ngulang bacanya.
Bahkan buku lucu kayak Babi Ngesotnya Raditya Dika, di bagian yg rada horor bisa bikin serem2 sendiri, gak banget deh. Jadinya klo pas ngulang suka dilompatin bab2 tertentunya - - (itu tuh yang ada poni2nya T_T)
Trus Famished Road meski bagus tp kadang masih rada serem juga baca sendirian di rumah :)
Jadi inget dulu pernah baca buku based on true story gitu, yang bikin beberapa malem susah bobonya ketakutan sendiri. Gak lagi2 deh...

Jadinya gak disaranin baca buku yang sejenis untuk waktu yang lama. Gak baek buat mental anda, hehe

Tidak ada komentar: