2.7.10

silent night 27.6.10

Sakit kepala dua hari terus-terusan bikin otak rada kacau. Melankolis pun kembali melanda, ahh...

Well, kenapa tidak. Gak ada salahnya menuangkan beberapa obrolan otak dengan hati dalam suatu tulisan, yang mungkin akan meloncat sana sini tidak beraturan. Maklumlah, hahaha..

Yah, sedang merasa hidup ini begitu indahnya. Dengan segala kelebihan yang pernah aku rasain, juga dengan segala kekurangan yang boleh aku alamin, betapa hidup ini luar biasa.

Tuhan itu memang misterius. Penuh teka teki. Bahkan menurutku kadang menjengkelkan. Dulu waktu idealis masih amat dominan, betapa aku mohon bisa belajar hidup dengan iman.Dan sekarang dimana aku pengennya semua bisa baik” saja, stabil menanjak keatas perlahan, doaku yang dulu dikabulkan. Ah Tuhan ya Tuhan, betapa waktuku dan waktuMu memang ga pernah sama, sekali lagi dalam segala suka duka, kupaksakan hati ini mengucap syukur atas segalanya.

Keberadaanku bisa dibilang lagi berada dalam sebuah kotak putih tertutup, dimana hanya ada dua lubang pas dengan ukuran dua mata ini untuk melihat dunia luar. Sekadar melihat kedepan, kanan, kiri, dengan pandangan terbatas. Dulu sih sempet beranggapan bagai burung dalam sangkar emas, wkwkwk, tp makin lama kok rasanya makin ehm..beda ^^

Ya, hidupku amat sangat mudah. Lancar selancar orang bisa mengharap. Tidak pernah berlebihan, juga tidak pernah kekurangan sama sekali. Bersyukur dikasih orang tua dan keluarga yang luar biasa.

Sekarang pun keluarga baruku gak kalah asiknya. Penuh petualangan iman tiap” waktunya (ya ya ya, i see God, i see..) tapi tetep, penuh terlindungi, tidak pernah benar” kekurangan. Belajar bersyukur memang gak akan ada selesainya.

Ada masa” frustasi itu datang, mengepak”kan sayapnya menggoda untuk kabur dan melihat dunia luar. Ya, bahkan hati ini pernah berjanji, suatu saat kaki ini akan melangkah tanpa melihat ke belakang, meski akan menyertainya adalah penyesalan yang gak akan ada abisnya.

Tapi begitu sekarang ada miracle baru dalam drama ini, meski awal”nya sudah bertekad gak akan jatuh dalam perangkap kehidupan seperti seorang ibu kebanyakan, aku kalah juga, hahaha. In his face i found my life. Hanya sekedar ingin melindungi, kasih yang terbaik selama masih bisa. Hilang sudah yang lain”nya. Aku jatuh juga..

Itulah. Betapa anehnya sebuah otak. Betapa rumitnya sebuah hati. Mimpi yang disimpan. Disimpan dalam” hingga mungkin suatu saat akan mampu untuk dilupakan.
Atau, masihkah ada harapan? Andai tiap manusia bisa mengetahui peran apa yang ia dapat, jadi gak seru dong hidup ini nantinya. Sudahlah, jangan pernah mempertanyakan rencana Tuhan, susah ngertiinnya. Toh tiap orang juga bebas memilih. Hidupku, hidupmu, semua merupakan cerita bersambung yang penuh pilihan, n endingnya sama, TAMAT. Tinggal diliat hepi apa sad. Udah.

Ya, balik di kotak tadi. Kadang impian tentang ‘seseorang’ -aku ga berani mikir ‘sesuatu’, kesannya bencana banget :p – yang akan datang membuka kotak itu dan membiarkannya terbuka hingga waktunya datang siap untuk keluar kadang main” di benak ini. Kenapa bisa, yah simple aja, serasa bukan ini tempatku. Aneh kan. Di suatu sisi semua terasa begitu nyaman. Di sisi lain terasa begitu asing. Yang pasti aku tahu, bukan ini emang yang aku mau.

Definisi ini-nya juga susah gambarinnya, orang sendiri juga gak ngerti maunya apa, hahaha, repot bener. Just feeling ajahlah. Andai aja otak bisa menebak hati maunya apa, pasti akan jauh lebih mudah, lebih rumit, dan lebih susah untuk memutuskan.
Untuk sekarang, ketika hati mulai kembali ga sabar, n ga ada orang lain yang bakal bisa ngertiinnya, satu”nya cara, balik lagi ama yang nyiptainnya. Tuhan, rindu rindu rindu tapi takut juga, hahaha. Kayak beberapa waktu lalu, siang tenang, angin semilir, kerjaan rumah dah beres semua, tapi otak gak mau diem, sibuk mikir ini itu, sibuk khawatir ini itu, sibuk bikin rencana cadangan untuk ini itu, intinya otak lagi berisik. Tiba-tiba aja badan pengen istirahat bentaran padahal biasanya anti banget tiduran siang”, takut malem makin susah bobonya kan, jadi baringan bentaran. Sambil curhat dalam hati ama Tuhan terkasih tiba” terasa suatu apa ya istilahnya, hadirat kali ya, hadirat yang begitu murni, begitu agung, ga terlihat tapi terasa nyata, sama kayak dulu waktu masih awal” kenal Tuhan, begitu damai. Otak sejenak bisa berhenti khawatir, hanya bisa diam, merasa begitu aman, begitu dikasihi, begitu dilindungi. Ga ada yang berubah, semua seperti biasa, cuman air mata keluar pelan” karena begitu damainya. Indah..

Itulah. Kata siapa Tuhan gak ada. Kasian banget kalo ada yang mikir gitu, mereka kehilangan banyak, amat banyak. Hehe.

Yah, jadi kadang kalo otak mulai berisik lagi, wajarlah manusia pasti pengen hidupnya tenang, siap payung sebelum hujan katanya. Apalagi yang uda hujan duluan padahal payungnya belom ada, pastilah susah. Tinggal hati yang harus nyadarin otak. Sudahlah..

Ada yang bilang hidup tanpa iman itu sia-sia. Hidup tanpa usaha juga sama bodohnya. Katanya burung aja dipelihara ama Tuhan, toh juga gak langsung ujan cacing tiap harinya, hahaha. Tapi usaha ngotot tanpa Tuhan juga yah.. kerja keras sekali itu. Ah va kayak pernah kerja keras aja, huehehe.. (balik ke catatan tadi, hidupku tergolong mudah :p)

Tapi kadang hidup terasa terlalu mudah. Seakan-akan Tuhan kasih aku libur panjang abis naek kelas. Tau kan rasanya waktu sekolah pengennya liburan, tp waktu uda libur panjang jadinya bosen pengen cepet sekolah lagi. Kayak itulah.

Apalagi dilihat hm..sejarah mungkin ya, aku ada sekarang juga dengan catatan yang cukup ‘seru’. Banyak usaha, banyak pelanggaran, banyak perjuangan, banyak bantuan, banyak hal” lainnya yang bisa dibilang ‘mahal’. Tetep, dibanding ama yang lebih susah, aku lebih gampang, aih susah banget emang nuangin pikiran jadi kalimat –o-

Makanya kadang bingung, masa sih pilihan yang dikasih cuman sekedar kayak gini. Aneh. Gak mudah jadi saya, hahaha. Bayangin, mo lahir aja mesti ngalahin IUD mama tercinta. Hanya satu di antara.. :p Masa kecil sakit”an ampe gede. Nyusahin orang tua, nyusahin sodara. Mau gede pun susah sendiri buat berjuang kenal Tuhan, nyusahin orang tua, nyusahin sodara. Uda gede pun, eh sempet”nya sakit lagi, nyusahin anak nyusahin suami nyusahin sodara nyusahin orang tua. Duh kok rasanya nyebelin banget ya saya, hahaha, naseb, xixixi.. N sekarang kerjaan sehari-hari hanyalah babuing, alias di rumah ngurusin kerjaan bersih2 TIAP HARINYA. Ah.. lagi” Tuhan ngajak bercanda. Kadang gak terima aja rasanya, ya Tuhan, abis nglewatin jalan berliku” naek turun plus lubang” plus kerikil” plus polisi” tidur segitu banyaknya, masa nyampenya di tempat kayak gini yang keliatannya klo dibiarin pun bisa” ampe balik pulang nanti ya tetep gini aja. Hiks, seringnya klo uda gitu jadi depresi sendiri. Ah, apa gara” itu ya jadi dibolehin dapet masalah banyak =.= cape deh..

Hahaha, ini nulis di MS Word uda masuk halaman 3 masih belom tau lagi nulis tentang apaan. Bener” lagi kaco. Yah, mungkin jelek” ama tulisan ga penting tentang seorang eva bisa jadi bacaan di kala nganggur berat rat rat rat, ato sekedar kenang”an seandainya suatu saat nanti ternyata eva boleh jadi ‘orang besar’ atopun artis –ngarep- hehe

Jadi, kesimpulannya gak ada. Belajar nulis emang susah. Pembukaan ada, isi ada, banyak malah, jadi bikin penutupnya susah. Paling gak bisa ngurangin beban pikiran aja kali ya. Abisnya tiap kali bobo, beneran ini, tiap” kali tidur PASTI mimpi. Capek tau bangunnya.. Baru sadar hal ini akhir” ini. Tiap malam ada mimpi baru. Kadang nyambung ama realita, kadang gak sama sekali. Apa terlalu banyak yang disimpan dalam hati (halah) hahaha.. Bener deh klo ada niatan bikin novel gitu pasti jadi :p inspirasi datang dikala tidur, gak usah jauh” nyewa pulau buat menyepi, huehehehe.

N di umur lebih dari seperempat abad ini marilah kita berdoa biar si penulis bisa jadi lebih dewasa, berlaku sesuai umur, dan berpikir lebih dewasa lagi, hiks, kenapa ya Tuhan kok saya ngerasa muda selalu (lalala) gak pernah ngerasa udah jadi orang dewasa... Status doang istri orang ama mama satu anak, emosi kok ya masih sama kayak eva yang dulu lu lu lu. Hah...

Aduh suatu saat pasti nanti nyesel udah nulis beginian di blog. Tapi menepati janji diri sendiri buat ga menghapus apa yang emang uda ditulis. Sapa tau berhasil bertahan hidup sampe tua trus udah mencapai hidup yang amat sangat berbahagia trus buka” blog lagi, kalo masih jaman, trus bisa nostalgia membaca buah pikiran dikala dirinya masih muda dulu, hahaha..

Eva oh eva, siapa sih kamu.. Harus belajar mengenal diri sendiri. Harus belajar tahu apa sih mimpi”mu. Harus belajar menemukan apa aja harapan”mu. Harus belajar bangkit dari semua kesalahan”mu. Harus belajar menerima apa adanya dirimu. Harus belajar sabar menanti semua pada waktunya. Harus belajar berani menjadi diri sendiri. Harus belajar berani menghadapi hal” baru. Harus belajar menghargai diri sendiri dan orang disekitarmu. Harus belajar lihat mana hitam mana putih mana abu”. Harus belajar mengasihi orang” yang membenci kamu. Harus belajar mengasihi lebih lagi orang” yang care sama kamu. Harus belajar menghargai waktu yang disediain buat kamu. Harus belajar lebih banyak lagi, lebih banyak lagi, dan lebih banyak lagi.

Ada bagian dari satu lagu yang aku suka banget;
..ku tak membawa apa pun jua saat ku datang ke dunia,
Ku tinggal semua pada akhirnya, saat ku kembali ke surga..
Yah, belajar bersyukur ya va, semua indah pada waktunya, semua ada tujuannya, semua ada artinya, semua potongan puzzle ini nanti kalo disatuin bakal jadi gambar yang utuh lengkap dan akhirnya bisa kamu ngertiin. Bersyukur buat didikan ortu yang bener. Kalo gak mungkin anaknya sekarang uda jadi penjudi ato pemabuk (wahahahaha), bersyukur buat semua operasi waktu kecil dulu yang bikin minder itu ada buat ngerem kenarsisan masa muda :p bersyukur buat pernikahan yang seru ini yang bikin semakin deket sama orang tua, bersyukur buat anak satu”nya yang bikin kakiku tetap menginjak tanah.. Thx God.

27 juni 2010, 1:41 a.m.

Tidak ada komentar: