9.7.10

eksim vs. psoriasis vs. alergi



Nah, pernah liat sesuatu seperti gambar yang diatas? (Gambar dicopy paste dari google -.-)

Gambar pertama, bintik putih di kuku.
Gambar kedua, permukaan kuku mengalami semacam lekukan kecil masuk ke dalam.

Nah, kondisi seperti di gambar kedualah yang telah berulang kali saya alamin. Tapi hanya terjadi di salah satu kuku. Inget bener di kuku jempol dulu sempet bingung, abis kena apa, apakah ga sengaja abis ketekan barang berat ato apa yang permukaannya tajam2 kecil.. Cuek aja sih waktu itu.
Trus ilang gitu aja, karena ga pernah ngerawat tangan sama sekali jadinya lupa waktu itu ilangnya kapan ato gmana caranya ^^
Beberapa kali kayaknya ngalamin. Tapi suka hilang sendiri.
Sampe ini uda beberapa minggu ngalamin lagi, kali ini di jari tengah sebelah kiri.
Kalo dipikir-pikir sih lama-lama risih sendiri. Jelek banget nih kuku, misal dikasih kuteks pun tetep aja lapisannya kalo ga tebel banget ga bisa nutup tuh lubang2 kecilnya.

Pernah ditunjukkin ke mama (sebagai orang yang telah cukup banyak makan asam garam kehidupan, hahaha) mama juga ga tau. Ditunjukkin ke suami, suami malah ga ngeliat jelas. Jadinya, balik cuek lagi dengan harapan bakal ilang sendiri juga.

Sampai tadi sore, iseng2 baca tabloid Aura punya cc. Ya, tabloid yang penuh dengan potongan artikel dari banyak sumber (menurut pendapat pribadi saya) yang disatuin dan terus diulang, jadi klo ada tabloid baru itu, yang saya cari cuman bagian belakang bagian menata ruang yah, sisanya cuman kalo iseng diliat. Selain itu, bonus buku resepnya aja yang menarik, sekali lagi menurut pendapat saya pribadi ^o^

Dan keisengan tadi bermanfaat juga, dapet di salah satu artikel tentang kesehatan kuku beserta potongan gambarnya. Wah, kok mirip ya sama kukuku..
Dibaca, cuman tertulis, kurang lebih menunjukkan penyakit psoriaris atau inflammable apa gitu tadi, waw.
Panggil adek, kasih liat tuh artikel ama gambar ama kuku sendiri. Eh langsung ditinggal pergi -.-

Udah. Diinget2 tuh kata psoriasisnya. Jadi waktu pulang, anak dah bobo, langsung nyari om google deh. Dapet.
Dapetnya mayan.
Lega paling gak uda tau apa yang salah ama ini badan.
Serem juga baca bisa apa klo tetep salah tadi itu, huhuhu..

Baru kali ini baca yang namanya penyakit Psoriaris. Bisa baca di www.psoriasisindonesia.org. Intinya, penyakit radang kulit, dimana penderitanya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat, tidak menular, tidak mengancam jiwa. Salah satu gejalanya, kulit memerah, menebal, ada yg bersisik ada yang menghitam.
Bisa disebabkan emang keturunan, bisa karena obat2an tertentu, bisa karena emosi (stres), bisa karena obat oles, bisa karena gatal digaruk, bisa karena macam-macam.
Nah
Itu dia
Selama ini kan aku punya alergi, ga tau alergi apaan, gak pernah jelas, udah ganti dokter kulit 3 orang, ada yang bilang alergi daging-ikan-telor-semua makanan (hahaha, dokter edan). Ada yang bilang KENA KUTU, berdasarkan waktu itu karena gatelnya aku garuk ampe agak luka, dibilang tuh bekas luka sebagai bekas gigitan si kutu, amit2. Ada yang bilang eksim.

Nah, dari ketiga itu, yang bilang kena eksimlah yang aku percaya. Kenapa? Karena obatnya bekerja! Hehe. Ditambah sesudah browsing sekian lama tentang penyakit eksim tadi, jadinya menganggap emang kebagian alergi yang satu ini.

Sekilas tentang eksim (ehm, eksim kering khususnya), merupakan salah satu penyakit ALERGI, kebanyakan bersifat keturunan (yup, salah satu tante sama2 kena tuh alergi, bahkan kayaknya lebih parah deh), gak ada obat buat nyembuhin total, ada juga meringankan, trus seringnya dari gatal, kulit memerah, semakin digaruk semakin gatal (penyakit yang menyebalkan, karena salah satu pantangannya jadi ga boleh digaruk hiks), lama2 menebal dan menghitam. Kalo dah hitam nanti, bisa mengelupas, ilang deh, balik kulit semula yang mulus. Aneh yah.
Trus itu biasanya di bagian jari. Kalo di bagian badan ato kaki jarang bisa ampe menebal. Tapi bukan berarti balik mulus gimana, malah ada sisa2 tuh gatel yang kalo diliat beneran sekilas kayak noda tipis kehitaman disana sini, jelek banget bekasnya. Obat-obat salep baik yang dijual bebas ato resep dokter gak selalu menjamin bisa ngilangin bekasnya 100%.

Dilihat sekilas mirip banget deh teori kedua penyakit tadi, ya kan? Tapi tetep aja berharap cuman alergi, hehehe. Abisnya serem juga liat gambar-gambar keduanya. Apalagi sama-sama belom bisa disembuhin total, alias kebanyakan artikelnya berintikan 'Hidup bersama Eksim' maupun 'Hidup bersama Psoriasis'. Sama-sama ada dalam gen sih..

Salah satu keseraman lagi, abis tadi merhatiin kuku jari tengah yang pitting ini, jadi liat di kuku jari manis, ada bintik putih agak mendatar, mirip ama tuh gambar no 1. Eh di jari manis satunya juga ada! T_T
Dan menurut beberapa artikel (yang dapat dipastikan merupakan hasil copy paste dari artikel yang sama) tuh bintik putih di kuku juga nunjukkin kesehatan yang terganggu, balik ke psoriosis lagi deh, uh..

Jadi, buat yang mungkin sedang ngalamin idup dibonusin penyakit turunan kayak gini, ya belajar jagain diri sendiri deh.
Hampir sama cara merawat eksim kering ama tuh psoriosis, antara lain :
Gatal JANGAN DIGARUK! (gatal biasapun kadang klo digaruk bisa jadi nih bekas item2 menyebalkan)
JANGAN STRES! (namanya juga manusia, jadi rada susah buat menghindar dari yang satu ini, hehe)
Usahakan mandi dengan air dingin! (terbukti secara ilmiah mengurangi pemicu tuh alergi di kulit)
Usahakan tidak membiarkan keringat terlalu lama di badan (yup, salah satu pencetus juga).
Pakai baju sedikit longgar (karena itu saya betaaaahhhh banget di rumah, dan rada males harus terima tamu, karena harus pake baju yang 'menunjang' dan bisa jadi abis tuh tamu pada pulang bekas 'pakaian2 penunjang' tadi langsung jadi calon gatel yang dalam beberapa hari bakal gatal dan menghitam)

Susah kan jadi penderita? Makanya jangan gosipin yang jelek2, apalagi ampe sukur2in, nti kuwalat ikut kena juga baru tau tuh, hahaha
Tetep aja lah, moga2 aja selama ini cuman alergi. Dan moga2 juga nih kuku kena abis keteken benda berat ajalah. Gak mau sakit yang aneh-aneh lagi, hiks.
Masih benci ama dokter. Masih benci ama obat. Masih benci ama berobat.

wish us d best, God bless!

2 komentar:

anisa mengatakan...

Ooh namanya eksim kering ya, saya baru tahu nih. Saya penderita juga. dalam setahun at least sekali pasti kena tuh gatal2. apalagi pas jama2 skripsi dulu, saya stres banget. ternyata malah bikin tambah parah, gatal ampe berdarah gitu. serba salah deh mau digaruk perih, ga digaruk makin gatelll! akhirnya ya saya biarin aja sih, biasanya dalam tempo 2 bulan hilang dengan sendirinya. sayang ya belum ada obat buat meredakan gatelnya..

randomplayarts mengatakan...

jari jempol tangan aku kulit.a mengelupas2 mpe sidik jari.a gak keliatan, alias samar2 gituh...
muncul tiba2, pas masa2 menjelang sidang judul proposal buat tugas akhir, dipicu dgn stress berkepanjangan mpe rambut2 gw rontok hebat, stress malah pengen.a makan, mw makan ya masak dulu, sering masak sering nyuci piring juga dahh
n gw juga punya keluarga yg pernah kena eksim juga n ada yg punya asma juga...