31.3.14

The Graveyard Book to Clockwork Angels

The Graveyard Book, Neil Geiman.


Ceritanya aneh, aneh yang menarik.. hahaha
Secara garis besar, tokoh utamanya adalah seorang anak yang dimana orang tua dan saudaranya dibunuh oleh seorang misterius di suatu malam, dia yang tidak sengaja lolos gara-gara melihat pintu yang terbuka, menyusuri jalan yang menuju sebuah pemakaman.
Para "penghuni" makam itu akhirnya mengadopsinya sebagai anak dan bagian dari mereka. Dan si anak tadi, yang dinamai Nobody Owens, diberkati kemampuan dunia mereka juga, seperti membaur seperti bayangan, masuk ke mimpi orang, dan sebagainya.
Setelah besar dia mencari si pembunuh keluarganya, dan seterusnya.

Selesai membaca di jam tengah malam, langsung galau. Biasalah...akibat endingnya.
Endingnya sih jangan dibocorin, pengalaman dapet spoiler secara tidak sengaja itu kan menyebalkan.


Sekarang beralih ke buku Clockwork Angels.
Cerita tentang dunia setelah kiamat.
Entah kenapa sudah beberapa buku yang baru dibaca berkisah tentang hal ini. Tentang bagaimana sebagian penduduk manusia bisa bertahan hidup melalui sebuah fase "akhir dunia" yang kebanyakan gara-gara perang atau penyakit massal, dan akhirnya mereka membentuk sebuah koloni baru yang jauh lebih teratur, rapi dan sebagainya.
Divergent kemarin kan juga begitu.
Crade and Onyx juga begitu (nyaris, hanya disini manusia yang selamat baru satu orang saja, ditemani manusia "sempurna" hasil uji coba lab yang diharapkan meneruskan kaum manusia yang kurang sempurna sebelumnya).
Apalagi ya, kapan hari juga baca Fort apalah nama bukunya, tentang komunitas manusia selamat dari virus  yang mengubah manusia lainnya jadi zombie, mirip episode Walking Dead season 3, minus si gubernur, haha..

Di buku ini diceritakan tentang dengan begitu canggihnya ilmu pengetahuan setelah dunia kiamat, seorang yang dijuluki Watchmaker, menentukan segala sesuatu yang harus dilakukan oleh manusia lainnya. Telah ditemukan rumus membuat emas. Telah ditentukan cara memprediksi cuaca hingga ke menit dan detiknya. Bahkan bab yang tadi terakhir saya baca, seorang Anarkis, pemberontak yang bosan dengan dunia "stabil" yang terlalu sempurna tadi, akhirnya berhasil mewujudkan cita-citanya, meledakkan sebuah sekolah dengan ledakan yang berubah menjadi butiran berlian.
Lumayanlah :)


Tidak ada komentar: